Contoh SK Kerja untuk KPR, Simak Contohnya Dibawah Ini!
Contoh SK Kerja untuk KPR - Untuk mengajukan KPR, salah satu dokumen persyaratan yang harus kamu penuhi adalah SK Kerja atau Surat Keterangan Kerja. Surat ini menjadi bukti bahwa nasabah atau yang bersangkutan memang benar bekerja pada perusahaan tertentu saat pengajuan KPR. Surat keterangan kerja ini juga bisa jadi sumber informasi tertulis mengenai jabatan karyawan tersebut, lamanya ia bekerja, hingga salary-nya.
Baca Juga: Yuk Cek Dokumen Apa Saja yang Diterima Setelah Akad Kredit KPR
Sekilas Mengenai SK Kerja untuk KPR
SK Kerja ini merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh perusahaan atau lembaga yang berisi tentang keputusan tentang pengangkatan, penempatan, pemindahan, atau pemberhentian seorang karyawan. SK Kerja merupakan bentuk dokumentasi formal dari kebijakan dan keputusan yang diambil oleh manajemen terkait dengan status karyawan dalam perusahaan. Berikut beberapa poin penting yang biasanya tercantum dalam contoh SK Kerja untuk KPR:
-
Identitas karyawan: nama lengkap, alamat, nomor id karyawan, jabatan, dan departemen tempatnya bekerja.
-
Tanggal mulai berlaku: yakni tanggal mulai berlakunya SK Kerja tersebut, biasanya mulai dari tanggal karyawan mulai aktif bekerja sampai waktu dikeluarkannya SK tersebut.
-
Isi tambahan: penjelasan detail mengenai keputusan yang diambil, seperti pengangkatan, mutasi, promosi, hingga pemberhentian.
-
Dasar hukum: referensi kepada kebijakan perusahaan, undang-undang, atau peraturan yang mendasari keputusan tersebut.
-
Tugas dan tanggung jawab: penjelasan tentang tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh karyawan dalam pekerjaannya. Namun, biasanya hal ini cukup dengan menyebutkan posisi karyawan saja.
-
Tanda tangan dan stempel: Tanda tangan HRD dan stempel perusahaan sebagai tanda keabsahan dokumen.
Contoh SK Kerja untuk KPR bisa dikeluarkan atas permintaan karyawan atau pada kondisi khusus dimana ada pengangkatan karyawan baru, promosi jabatan, penugasan ke cabang lain, perubahan jabatan, atau pemberhentian karyawan. SK Kerja ini untuk memastikan bahwa setiap keputusan terkait karyawan didokumentasikan secara resmi dan transparan.
Baca Juga: Bagaimana Cara KPR Rumah? Cari Tahu Caranya Disini
Tujuan Melampirkan SK Kerja dalam KPR
Melampirkan Surat Keputusan (SK) Kerja dalam pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) merupakan hal yang wajib bagi karyawan atau pekerja, tujuannya adalah:
1. Verifikasi Status Pekerjaan
Contoh SK Kerja untuk KPR akan digunakan oleh bank untuk memverifikasi pekerjaan yang dimiliki oleh calon nasabah. Bank dapat memastikan bahwa calon nasabah punya pekerjaan resmi/tetap dan sumber pendapatan yang stabil. Makin menjanjikan dan stabil pekerjaannya, maka bank akan menilai bahwa kesanggupan bayar nasabah makin terjamin.
2. Menilai Kemampuan Finansial Calon Nasabah
Begitu mengetahui status pekerjaan dan jabatan pekerjaan, bank dapat menilai kemampuan finansial calon nasabah untuk membayar cicilan KPR. Untuk hal ini biasanya bank akan meminta dokumen tambahan yakni berupa slip gaji.
3. Membuktikan Kredibilitas Calon Nasabah
Contoh SK Kerja untuk KPR adalah jadi bukti tambahan seputar kredibilitas dan tanggung jawab calon nasabah. Melalui SK ini, bank juga bisa menilai resiko kredit apa saja yang mungkin terjadi.
4. Memperkuat Kepercayaan Bank
Dokumen resmi seperti SK Kerja memberikan rasa aman kepada bank dan jadi bukti bahwa calon nasabah adalah individu yang bertanggung jawab dan memiliki penghasilan yang mendukung pengajuan kredit. Bank juga dapat melihat berapa lama pemohon telah bekerja di perusahaan tersebut, yang bisa jadi indikator stabilitas pekerjaan dan kontinuitas pendapatan di masa depan. Apalagi KPR merupakan hutang jangka panjang yang butuh kepastian pendapatan.
5. Salah Satu Syarat untuk Dokumen Administratif Bank
Fungsi dari contoh SK Kerja untuk KPR selanjutnya adalah sebagai dokumen administratif untuk memenuhi persyaratan bank. Pasalnya, SK Kerja merupakan salah satu dokumen yang wajib dilampirkan dalam pengajuan KPR. Tanpa adanya SK Kerja ini, identitas pekerjaan calon nasabah belum dapat diverifikasi.
Baca Juga: Bagaimana Cara Ambil KPR? Cari Tahu Jawabannya Disini
Contoh SK Kerja untuk KPR 1
KOP Surat Milik Perusahaan
SURAT KETERANGAN KERJA
No. __________________
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama Lengkap: _____________________________________________________________
Jabatan: HRD ________________________________________________________
Alamat: _____________________________________________________________
Telepon: _____________________________________________________________
Dengan ini menerangkan bahwa yang Sdr/Sdri:
Nama Lengkap: _____________________________________________________________
Jabatan: _____________________________________________________________
Alamat: _____________________________________________________________
Telepon: _____________________________________________________________
Bersamaan dengan surat ini, menyatakan bahwa saudara ________________ benar merupakan karyawan _____________________________ dan telah bekerja sejak _____________ hingga sekarang sebagai __________________________. Surat keterangan kerja ini digunakan sebagai salah syarat administrasi pengajuan KPR oleh Sdr/Sdri _________________________.
Demikian surat keterangan kerja ini dibuat, agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.
____________, _____/____/_____
HRD _____________
*tanda tangan dan stempel perusahaan
(Nama Terang)
Baca Juga: Bagaimana Cara KPR Rumah Bekas? Mulai dari Pemilihan Unit sampai Akad Kredit
Contoh SK Kerja untuk KPR 2
Kop Surat Milik Perusahaan
SURAT KETERANGAN KERJA
NO: ________________
Saya yang bertandatangan dibawah ini:
Nama :
Jabatan:
No. Telp:
Alamat:
Menerangkan bahwa,
Nama :
Jabatan:
No. Telp:
Alamat:
Benar merupakan karyawan dengan status __________ di ____________ sejak tanggal __/___/_____ sampai sekarang sebagai __________. Tujuan pembuatan surat keterangan kerja ini dibuat dengan tujuan digunakan sebagai syarat administratif dalam pengajuan Kredit Pemilikan Rumah di Bank __________________.
____________, _____/____/_____
HRD _____________
*tanda tangan dan stempel perusahaan
(Nama Terang)
Contoh SK Kerja untuk KPR 3
Kop Surat Milik Perusahaan
SURAT KETERANGAN KERJA
NO: ________________
Yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama :
Jabatan:
Nama Perusahaan :
No. Telp Perusahaan:
AlamatPerusahaan:
Dengan ini menerangkan bahwa karyawan dengan identitas berikut ini:
Nama :
NIK/NIP/ID Number:
Posisi:
Status Kepegawaian:
Nama Perusahaan :
No. Telp Pribadi:
Alamat Pribadi:
Karyawan tersebut di atas telah bekerja di ________________ sejak tanggal ___/___/___hingga saat ini. Karyawan yang bersangkutan mendapatkan gaji bulanan sebesar Rp_____________ dan memperoleh tunjangan-tunjangan sebagai berikut: _______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________.
Surat keterangan ini dibuat untuk keperluan pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di Bank ______________________. Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sebenar-benarnya dan agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
____________, _____/____/_____
_______________
*tanda tangan dan stempel perusahaan
(Nama Terang)
Baca Juga: Bagaimana Proses KPR Rumah Berjalan? Ikuti Pembahasannya Dibawah Ini!
Itulah beberapa contoh SK Kerja untuk KPR yang bisa kamu jadikan referensi. SK Kerja tersebut dikeluarkan secara resmi oleh perusahaan tempat kerja, dikeluarkan dan ditandatangani oleh HRD atau pimpinan kerja. Sekian informasi kali ini, semoga bermanfaat ya! Temukan beragam artikel menarik lainnya dari Brighton hanya di Brighton News! Jika ingin mendaftar menjadi agen properti dan mencari agen yang berkualitas, klik Registrasi Agen dan dapatkan manfaatnya!
Topik
Lihat Kategori Artikel Lainnya