5 Tips Bagi Pembeli Dalam Bernegosiasi Untuk Mendapatkan Rumah

By : rumah dijual di Surabaya

Anda dapat mencari rumah di surabaya yang sesuai dengan impian Anda dan setelah Anda telah menemukannya, beberapa proses akan dimulai. Memang benar, Anda perlu membuat penawaran dan meluangkan waktu untuk negosiasi sebelum Anda menandatangani dokumen akhir dan memiliki kunci rumah baru di tangan Anda. Lalu apa sebaiknya yang harus Anda lakukan ketika berada di tengah negosisasi pembelian rumah? Negosiasi adalah kunci yang penting untuk mendapatkan rumah yang Anda inginkan. Oleh sebab itu kerjasama dengan agen property profesional seperti Brighton akan memberikan keuntungan bagi Anda. Jadi berikut ini adalah tips negosiasi untuk mendapatkan rumah yang Anda inginkan dengan lebih cepat dan mudah setelah Anda mendapatkan agen property yang tepat.

1. Tahu tren pasar

Kekuatan negosiasi Anda sebagai pembeli sangat bervariasi tergantung di pasar cari rumah di surabaya mana Anda berada. Pasokan dan permintaan adalah kunci serta pembanding di lingkungan yang Anda inginkan untuk tinggali. Jika ada banyak rumah yang dijual di lingkungan tersebut, maka penjual akan lebih bersedia untuk menegosiasikan harga dengan Anda karena Anda bisa dengan mudah memilih untuk membeli rumah lain di dekatnya.

Jika sedikit rumah yang dijual di lingkungan tersebut, maka penjual memiliki kekuatan negosiasi lebih karena dia tahu Anda tertarik dan hanya memiliki sedikit pilihan. Pembanding juga penting karena mereka memungkinkan Anda untuk mengatur kisaran yang wajar untuk negosiasi.

2. Mendengarkan

Mendengarkan dengan hati-hati sangat penting untuk proses negosiasi. Ketika Anda mendengarkan pihak lain, Anda dapat benar-benar memahami mereka dan keinginan mereka. Setelah Anda memahami penjual Anda, maka Anda dapat secara efektif memulai negosiasi dengan mereka dengan rencana strategis yang telah disiapkan untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan.

3. Bila Anda menawarkan sesuatu, selalu meminta sesuatu sebagai balasannya

Negosiasi memerlukan memberi dan menerima sehingga Anda perlu untuk "memberikan ketika mendapatkan". Misalnya ketika Anda menyerahkan harga pada pihak penjual, mintalah kredit untuk perbaikan atau bernegosiasi untuk mesin cuci dan pengering. Dengan memberikan sesuatu terlebih dahulu, Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan pada gilirannya karena Anda menetapkan persyaratan.

4. Hindari penawaran yang sangat rendah

Sangat penting bagi Anda untuk bersikap realistis dan mengerti zona dimana ekspetasi antara pembeli dan penjual bertemu sehingga kesepakatan dapat dibuat.

Sebagai pembeli, Anda mungkin berpikir memberikan harga yang rendah merupakan strategi besar untuk mendapatkan harga yang Anda inginkan pada akhirnya. Namun, jika harga yang Anda tawarkan berada di luar zona perjanjian, Anda mungkin bisa menyinggung perasaan penjual dan mereka akan tidak pernah mau melakukan negosiasi dengan Anda. Memahami zona tersebut sangat penting untuk memutuskan harga yang tepat untuk penawaran Anda. Untuk Mengetahui apakah harga yang Anda beri terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat Anda ketahui dari tren pasar.

5. Memahami motivasi penjual

Anda tidak hanya perlu memahami zona negosiasi dengan penjual, Anda juga perlu memahami kebutuhan, keinginan dan situasi mereka. Harga jual awal pada rumah hanyalah puncak dari gunung es dalam memahami mereka, Anda perlu memahami apa yang memotivasi mereka untuk menjual. Apakah mereka ingin menjual karena mereka akan mengalami perceraian? Apakah mereka pindah ke rumah yang lebih kecil? Apakah mereka terburu-buru untuk pindah karena mereka direlokasi untuk bekerja? Mengetahui motivasi penjual adalah kunci untuk melibatkan mereka dalam negosiasi dan mendapatkan apa yang Anda inginkan.